fbpx

Cara Jitu Menghemat Biaya Nikah

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan oleh calon pengantin untuk menghemat biaya pernikahan. Beberapa dari mereka mempunyai pikiran untuk apa membuang banyak biaya untuk sebuah pesta pernikahan, sementara kebutuhan lainnya yang lebih real ketika memasuki tahapan rumah tangga lebih membutuhkan perhatian. Namun ada juga yang kontra karena mereka berpendapat bahwa menikah itu satu kali sehingga harus dirayakan dengan maksimal, di samping itu ada juga pemikiran harga diri keluarga besar seakan dipertaruhkan bila mengadakan pesta “yang biasa-biasa” saja.

Bagi Anda yang tertarik membaca artikel ini, tentu saja tertarik dengan konsep hemat untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan.

1. Kurangi daftar tamu yang hadir, kamu harus tegas soal siapa yang perlu menghadiri.

Buat daftar orang yang benar-benar berarti buatmu. Ingat bahwa biaya katering per orang sekarang bisa mencapai 100 ribu rupiah per orang. Dengan kata lain, kalau kamu mengundang 100 orang, kamu bisa menghabiskan 10 juta rupiah untuk biaya makan saja. Bagaimanapun, misalnya kamu bisa mengurangi 50 orang per 100 orang yang kamu undang, kamu bisa menghemat lima juta lebih lho!

2. Menikahlah di hari kerja biasa untuk menghemat pengeluaran biaya sewa gedung.

Hindari tanggal-tanggal yang banyak diminati orang untuk mengantisipasi lonjaknya kenaikan harga. Kecenderungan pemilihan tanggal yang mudah diingat karena tergolong “tanggal cantik” menyebabkan para vendor menggandakan harga untuk mengatasi lonjakan permintaan. Menikah di hari kerja juga dapat menjadi alternatif menghemat biaya karena harga yang ditetapkan di hari kerja jauh lebih murah daripada di akhir pekan. Namun perlu diingat juga bahwa jumlah tamu yang hadir umumnya akan lebih sedikit di hari biasa daripada di akhir pekan.

3. Supaya lebih hemat, lebih baik segala keperluan diurus sendiri saja.

Gak ada yang ingin memulai pernikahan mereka dengan tumpukan hutang yang menggunung, dan ini adalah alasan utama kenapa kamu harus menghemat biaya pernikahan. Jika segala sesuatunya tentang keperluan pernikahan bisa kamu urus sendiri maka tidak perlu menyewa jasa wedding organizer lagi sehingga kamu bisa berhemat.

4. Semua gaun pernikahan sebenarnya sama saja, jika yang murah saja bisa tetap bermakna, lebih baik tak memaksakan untuk menggunakan jasa perancang ternama.

Banyak orang yang merasa gengsi dan ingin mengenakan setelan terbaik dari perancang busana ternama, namun kenyataannya adalah bahwa ini bukanlah keputusan yang tepat untuk menghemat anggaran pernikahan. Lagipula, setelah pesta pernikahan usai, gaunmu juga tak akan dipakai lagi, bukan? Selama kamu bisa berdua di pelaminan, pakaian apapun yang dikenakan rasanya tak harus menjadi masalah.

Baca juga: Pelajaran Tentang Pernikahan yang Tidak Pernah Diceritakan Orang

5. Rajin-rajinlah browsing mengenai tren terkini dalam menyelenggarakan pesta pernikahan dengan anggaran terbatas.

Jika kamu pikir tren pernikahan terkini itu mahal, rasanya kamu harus berpikir ulang. Karena faktanya, kini banyak alternatif yang ditawarkan sehingga pilihan biaya bisa kamu sesuaikan. Dewasa ini, orang-orang lebih memilih tumpukan donat daripada kue pernikahan tradisional.

6. Berhemat dengan dekorasi sederhana

Dekorasi ruangan pesta biasanya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, memilih wedding venue yang telah memiliki dekorasi interior yang sudah cantik dan menawan tidak membutuhkan banyak tambahan dekorasi. Berarti akan ada penghematan yang lebih banyak lagi dari segi dekorasi. Pilihlah dekorasi ruangan yang sederhana namun elegan. 

7. Paket Pernikahan dari Vendor

Manfaatkan berbagai paket pernikahan dari vendor bridal atau gedung yang biasanya bekerjasama dengan vendor-vendor penting lainnya. Harga yang mereka tawarkan untuk paket pernikahan biasanya jauh lebih murah dibandingkan bila Anda mendatangi satu persatu vendor penyedia jasa untuk pesta pernikahan Anda.

Beberapa tempat juga menerapkan harga yang mengikat pada paket pernikahannya sehingga Anda bisa lebih menghemat lagi jika Anda memilih dan membayar sejumlah uang sebagai down payment jauh-jauh hari.

8. Buat pesta pernikahanmu tak terlalu megah dan mewah, keep your wedding party small.

Pesta pernikahanmu bisa menjadi besar atau kecil sesuai keinginan. Tapi kamu juga harus mempertimbangkan setiap pengeluaran yang ada.

Kini karena kamu sudah tahu beberapa tips jitu untuk mengurangi biaya pernikahan, sekarang adalah saatnya untuk memastikan bahwa kamu benar-benar sudah siap untuk menikah. Jangan sampai pernikahanmu siap tapi batinmu belum.

Oiya, pastikan juga kamu punya seseorang untuk diajak menikah.

WhatsApp Chat dengan kami