fbpx

Manakah yang Lebih Baik Menikah di Gedung atau Rumah?

Saat menggelar resepsi pernikahan, kamu bisa memilih tempat di rumah atau di gedung.

Sebenarnya, baik di rumah ataupun di gedung ada keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Yuk, kita cek perbandingan venue yang biasa dipakai untuk resepsi pernikahan ini.

#1 Rumah

Jika mau hemat biaya nikah, rumah bisa jadi pilihan nih. Kamu tak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta, waktu acara yang dibatasi sampai takut tanggal yang kamu incar sudah full-booked! Namun, memang menikah di rumah akan jauh lebih repot.

Pertama, kamu akan direpotkan dalam hal sewa kursi dan tenda. Semisal nih, kamu punya rumah dengan halaman yang luas, maka tak akan muncul masalah. Namun, jika halamanmu sempit, kamu pun harus pasang tenda di jalan.

Kedua, direpotkan masalah beres-beres rumah. Setelah resepsi berakhir, kamu akan disibukkan untuk membersihkan rumahmu dengan segera. Pasti bakal capek luar biasa deh nantinya.

Menikah di rumah

[Baca Juga: Budget Pernikahan Terbatas? Ketahui 14 Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

Selain itu, menikah di rumah juga akan memakan banyak biaya pada pos keuangan tertentu. Misalnya nih untuk dekorasi, properti dan konsumsi. Kamu tidak akan bisa mengontrol jumlah tamu yang datang ke rumahmu.

Misalnya, targetmu adalah 800 pax konsumsi. Dan di luar dugaan harus nambah 200 pax lagi karena tamu terus berdatangan.

Kalau untuk dekorasi, kamu tak perlu banyak budget. Cukup dengan menyediakan kursi dan tenda saja agar para tamu lebih nyaman saat bertamu.

#2 Gedung

Budget terbesar tentu saja untuk sewa gedung, apalagi untuk gedung komersil sekelas hotel, Balai Kartini dan tempat mewah lainnya.

Dan perlu kamu tahu nih, paket di Balai Kartini untuk 500 tamu bisa mencapai lebih dari Rp200 juta.

Lalu, bagaimana kalau kamu memiliki budget yang sedikit?

Kamu bisa saja beralih ke gedung-gedung milik pemerintah ataupun gedung-gedung yang murah lainnya. Hanya saja mungkin kondisi gedung-gedung tersebut sudah tidak terlalu terawat lagi.

menikah di gedung

Sebenarnya kalau kamu mau menambah sedikit saja maka kamu bisa mendapatkan gedung yang lebih bagus dan terawat namun dengan harga yang masih terjangkau kantong. Bagaimanapun juga kamu tentunya menginginkan yang terbaik di hari pernikahanmu bukan?

Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memakai paket komplit dekorasi dan katering dari gedung. Kadangkala selisihnya bisa mencapai Rp5 jutaan lhokalau kamu mengambilnya terpisah-pisah.

Jika melihat dari sisi kepraktisan, kamu tak perlu khawatir dengan masalah kebersihan. Jika ingin mengundang banyak tamu, tinggal memilih gedung yang besar dan mudah diakses.

Namun, memang kamu perlu memerhatikan masalah waktu pemakaian gedung yang biasanya di batasi antara 3 sampai dengan 4 jam. Adalah hal yang biasa kalau satu gedung dapat dipakai untuk beberapa pasangan dalam seharinya.

Jadi, kalau kamu dapat jatah selama dua atau tiga jam saja, tim wedding organizer akan segera mencopot dekorasimu kalau waktu sudah habis.

Belum lagi kalau kamu menikah pada tanggal-tanggal cantik, maka harus siap-siap rebutan dengan pasangan lain. Harus buru-buru bayar DP untuk reservasi gedung!

Sesuaikan budget Anda!

Inilah gambaran kasar untuk biaya pada masing-masing venue untuk resepsi pernikahan.

Di manapun lokasinya, sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya. Semoga pernikahan idamanmu bisa terwujud ya!

WhatsApp Chat dengan kami